Blog

Peresmian Klinik TB DOTS RO

Jakarta, Sabtu, 23 Maret 2019. RSUD Pasar Minggu membuka pelayanan baru yaitu Tuberculosis Directly Observed Treatment Short-course (TB DOTS) dan Multi Drug Resistant Tuberculosis (MDR TB). RSUD Pasar Minggu adalah RSUD Tipe B pertama yang membuka pelayanan TB DOTS di wilayah DKI Jakarta. Pelayanan TB DOTS dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK. 01.07/MENKES/350/2017 tentang Rumah Sakit dan Balai Kesehatan Pelaksana Layanan Tuberkulosis Resisten Obat. Pelayanan TB DOTS  Pelayanan TB DOTS RSUD Pasar Minggu mulai dibangun pada pertengahan Januari 2019 lalu.

Penanggulangan Tuberkulosis (TB) merupakan program nasional yang harus dilaksanakan di seluruh Unit Pelayanan Kesehatan termasuk Rumah Sakit. Berbeda dengan pelayanan medis terhadap pnyakit lainnya di rumah sakit, palaksanaan pelayanan TB memiliki kekhususan, karena pelayanan medis TB membutuhkan tatacara diagnosa yang benar, waktu yang cukup lama bagi pasien dalam konsumsi obat, masa kadarluwarsa obat yang pendek serta risiko MDR atau XDR TB dan lain-lain.

Pelayanan pasien tuberkulosis di rumah sakit dilakukan dengan strategi DOTS. Pelaksanaan strategi DOTS (Directly Observed Treatment Shortcourse) di rumah sakit merupakan salah satu upaya penting dalam menanggulangi TB di Indonesia. Istilah “DOTS” sendiri dapat diartikan sebagai pengawasan langsung menelan obat jangka pendek. setiap hari oleh Pengawas Menelan Obat (PMO). Tujuannya mencapai angka kesembuhan yang tinggi, mencegah putus berobat, mengatasi efek samping obat jika timbul dan mencegah resistensi.  Adapun strategi DOTS di rumah sakit diperlukan pengelolaan yang lebih spesifik, karena dibutuhkan kedisiplinan dalam penerapan semua kebijakan/standar prosedur operasional yang ditetapkan. Disamping itu, perlu adanya koordinasi antar unit pelayanan dalam bentuk jejaring serta penerapan standar diagnosa dan terapi yang benar. Dukungan yang kuat dari jajaran direksi rumah sakit dan tenaga medis berupa komitmen dalam pengelolaan sangat penting dalam menjalankan strategi DOTS. 

Untuk mendukung penanggulangan TB tersebut RSUD Pasar Minggu menyediakan pelayanan pada klinik TB DOTS, Adapun pelayanan klinik RSUD Pasar Minggu, diantaranya pelayanan:

  1. Rawat Jalan TB DOTS
  2. Rawat Inap Isolasi khusus pasien TB
  3. Pelayanan penunjang berupa pemeriksaan laboratorium yaitu Test Cepat Molekuler (TCM) dan pemeriksaaan radiologi, Rontgen Thorax.

RSUD Pasar Minggu selalu berusaha unruk memberikan pelayanan terbaik khususnya dalam memberikan pelayanan kepada pasien TB,  memberikan pelayanan terbaik kepada pasien TB bukan saja akan meningkatkan meningkatkan angka kesembuhan pasien,tetapi juga mencegah terjadinya akibat lebih lanjut berupa Multi Drug Resistant (MDR) atau Extreme Drug Resistant (XDR).

Dengan dibangunnya klinik TB DOTS, menjadi salah satu  bukti bahwa RSUD Pasar Minggu turut serta berkomitmen untuk membasmi penyebaran penyakit TB, khususnya di daerah Jakarta Selatan dan sekitarnya.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *